Skip to main content

Magnetosfer



Magnetosfer atau yang lebih dikenal sebagai magnet bumi, pengertian magnetosfer adalah lapisan yang menyelubungi benda angkasa,bumi tidak hanya satu-satunya yang memiliki lapisan magnet, berikut adalah yang memiliki medan magnet.

1.Merkurius
2.Jupiter
3.Saturnus
4.Uranus
5.Neptunus

Magnetosfer terbentuk akibat melokul di dalam inti bumi yang berbentuk ion yang bergerak dengan sangat cepat,menimbulkan arus listrik yang menciptakan medan magnet,ion yang bergerak sangat cepat dipengaruhi oleh suhu dan pengaruh medan gravitasi 

Sejarah magnetosfer dimulai sejak tahun 1600 oleh  William Gilbert ketika menemukan medan magnet pada permukaan bumi menyerupai terrella, satelite Exploler 1 pada tahun 1985 yang sedang melakukan penilitian tentang badai magnetik,yang kemudian dilanjutkan oleh misi exploler 3 dan exploler 13.


Ketika angin matahari menabrak bumi magnetosfer akan melindungi bumi ketika menabrak bumi dan akan menghasilkan aurora,magnetosfer dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

1.Bow Shock
    Bow shock memiliki tebal 17 Km dan berada di 90.000 Km dari bumi dan ini merupakan batas antara magnetosfer dan ruang angkasa.
2.Magnetosheat
   Magnetosheat adalah daerah dengan banyak fluks partikel berenergi tinggi,magnetosheat terletak di magnetopaus dan berfungsi sebagai bantalan yang mentrasmisikan tekanan dari aliran angin surya dan penghalang dari medan magnet benda-benda angkasa.
3.Magnetopaus
   Magnetopaus adalah batas antara medan magnet planet bumi dan angin matahari
4.Magnetotail
   Magnetotail adalah ekor dari magnetosfer yang berada di belakang bumi atau berlawanan arah dengan matahari


Comments

Flag Counter
Jika kalian suka dengan web ini jangan lupa untuk meninggalkan komentar supaya web ini semakin berkembang dan jangan lupa untuk menshare supaya semakin banyak orang yang akan terbantu dengan keberadaan web ini